10 Agustus 2020

Pamitnya Toshiba di Bisnis Laptop

Pamitnya Toshiba di Bisnis Laptop

Dulu siapa sih yang tak kenal laptop Toshiba, selain dikenal awet dan bandel laptop, laptop milik toshiba merupakan pelopor dimulainya bisnis Pc portabel. Perangkat T1100-nya dianggap sebagai portabel pc yang pertama setelah di rilis pada tahun 1985.

Toshiba T1100 bahkan menjadi tamplate desain komputer portable yang di ikuti produsen yang lain. Saat itu desan kebanyakan laptop tidak banyak berubah hingga Powerbook milik Apple dirilis tahun 1991.

Toshiba mulai tumbuh besar di tahun 1990-an sampai tahun 2000-an dengan lini laptop Satelite,Portage dan Qosmio, Laptop buatan Toshiba bahkan masuk 20 brand dengan penjualan terbesar di dunia. Toshiba juga masuk perusahaan lima besar produsen laptop di bawah HP, Acer, DELL dan Apple pada tahun 2009.

Cukup disayangkan memang, melihat Toshiba menyerah di segmen PC namun dengan persaingan lini laptop sekarang ini yang sudah mencapai tingkat ultraportable laptop seperti yang di rilis Apple dengan Macbook-nya, Dell dengan seri XPS nya, dan ASUS dengan seri Zenbooknya menyebabkan Toshiba sulit untuk bersaing di pasar.

Terbaru Toshiba secara diam-diam sudah menjual segmen laptop terbarunya yaitu DynaBook ke perusahaan Sharp, Saham sebesar 19,9% sudah di jual semua ke Sharp setelah saham 80% sudah di leas ke perusahaan tersebut pada 2018 silam.

Akhirnya setelah hampir 35 tahun berkecimpung di dunia Laptop, Toshiba harus Pamit undur Diri.

Laptop Admin sendiri dulu Toshiba Satelite L430, dibeli tahun 2008 sampai sekarang masih bisa bertahan, hampir 12 tahun.

Tidak ada komentar: